Senin, 14 November 2011

Langkah awal E-agriculture di Indonesia


Seperti yang kita semua ketahui. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah, salah satunya ditunjang oleh tanah subur dan iklim tropis. namun saat ini pemanfaatan dari tanah dan iklim tersebut belum dimaksimalkan. terbukti dari tingkat kesejahteraan petani, dan bahan pangan yang masih import dari negara tetangga, yang seharusnya negara kitalah yang melakukan export.
beberapa masalah yang ditemui para petani dalam mengembangkan pertanian mereka adalah modal yang kurang, kondisi alam yang tidak terkira, penggunaan lahan yang kurang effisien, dsb.
salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan e-agriculture, dalam e-agriculture, maka semua yang terkait dalam pelaksanaan proses pertanian harus diikut sertakan.
baik dalam hal cuaca, posisi lahan, keadaan tanah, tingkat kelembapan, sampai ke penjualan hasil pertanian
harus terangkum disitu, sehingga petani dapat memaksimalkan pertumbuhan bibit hasil tanamnya dan dapat memperoleh penghasilan yang sepadan dengan hasil usahanya.
e-agriculture masih terhitung baru diIndonesia, pemanfaatannya pun belum maksimal, namun diharapkan dengan pemanfaatan e-agriculture tersebut dapat meningkatkan pertanian Indonesia. beberapa website yang sudah menerapkan e-agriculture adalah
www.deptan.go.id
www.bantenprov.gov.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar